3 Cara Menjaga Kemuliaan Seorang Wanita

3 Cara Menjaga Kemuliaan Seorang Wanita

menjaga kemuliaan seorang wanita

Di zaman ini, mungkin banyak dari sahabat Muslimah merasa begitu sulitnya dikala ingin berdiri tegak diatas kesholihahannya. Cobaan serta merta selalu hadir untuk menggoyahkan keimanan yang tertancap di dalam hati. Apalagi ditambah dengan besarnya kemaksiatan yang sudah merajalela di sekitar kita.

Tapi itulah kehidupan. Kita hampir tak bisa terlepas dari rasa lelah, letih dan penat dalam menghadapi masalah dalam kehidupan. Karena itu semua sudah digariskan oleh Allah Swt. sebagai cobaan dan konsekuensi bagi insan beriman. Sahabat muslimah harus berusaha menjaga kesucian dan kehormatan diri, bahkan kita harus mampu mewarnai keluarga, saudara dan muslimah lain akan pentingnya mempertahankan serta memupuk keimanan yang dimiliki.

Rasulullah telah bersabda: “Dari Rasulullah Saw., beliau bersabda, Sesungguhnya dunia itu hijau dan manis, dan sesungguhnya Allah Swt. menjadikan kalian sebagai khalifah di dalamnya, agar Dia bisa melihat apa yang kalian lakukan, maka takutlah kalian akan fitnah dunia dan fitnah wanita, karena fitnah pertama kali yang menimpa bani Israil adalah fitnah wanita.” (HR Ahmad)

Rasulullah memberikan peringatan kepada kita, ternyata fitnah pertama yang muncul atas Bani Israil berkaitan dengan wanita. Dan kalau kita perhatikan wanita sangat sulit menghindar dari goda dunia dan banyak laki-laki yang tergiur dengan manisnya wanita, na’udzubillah min dzalik.

Lalu apa sajakah cara menjaga kemuliaan seorang wanita berikut penjalasannya :

Wanita Menetap di Rumah

Allah Swt. berfirman,

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu, dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS Al Ahzab : 33)

Rumah merupakan tempat terbaik bagi wanita. Sehingga aktifitas Ibadah wanita lebih baik di rumahnya daripada di masjid, walaupun pergi ke masjid tidak dilarang. Maka seyogyanya bagi para muslimah untuk tidak keluar rumah tanpa ada kepentingan yang tak bisa dihindari.

Menutup Aurat

Wanita merupakan perhiasan yang indah. Siapa yang tidak menyukai perhiasan, Maka jika kita sebagai muslimah kurang mampu menjaga keindahan akan wujud kita, pastilah di setiap gerak dan nafas akan menimbulkan fitnah. Dikala kita kurang pandai menjaganya, tidak menutup kemungkinan akan banyak mata yang akan terus memandangnya. Disitulah syetanpun akan selalu membisikanya dengan bisikan yang memikat hati dan terjadilah fitnah yang tidak diharapkan.

Di lingkungan kita nampaknya busana muslim sudah merakyat, sehingga kita mudah untuk mendapatkannya. Namun sudahkah busana yang kita kenakan memenuhi standart syar’i ?

Rosulullah Saw. bersabda, “Dari Aisyah ra., bahwa Asma binti Abu Bakar masuk menemui Rasulullah Saw. dengan mengenakan kain yang tipis, maka Rasulullah Saw. pun berpaling darinya. Beliau bersabda Wahai Asma ‘Sesungguhnya seorang wanita jika telah baligh tidak boleh terlihat darinya kecuali ini dan ini’ Beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya.” (HR Abu Dawud)

Busana muslimah yang syar’i minimal haruslah menutup seluruh auratnya dengan syarat tidak tipis, tidak membentuk tubuh, tidak memakai wewangian dan asesoris yang berlebih serta selamat dari warna yang memikat orang lain terutama lawan jenis.

Baca juga : Sedekah bisa dengan bukan Uang

Berkumpul dengan Wanita Sholihah

Rosulullah Saw. bersabda, “Dari Nabi Saw., bahwa beliau bersabda, ‘Seseorang itu akan bersama dengan orang yang dicintainya.’” (HR Ahmad)

Supaya sahabat muslimah mampu beristiqomah dalam mempertahankan dan memupuk keimanan yang dimiliki, pandai-pandailah dalam bergaul dan dengan siapa kita berteman. Karena pada dasarnya wanita tercipta dari tulang rusuk yang bengkok dan jika tidak ada yang meluruskannya maka ia akan tetap pada kebengkokan. Namun tidak semua teman bisa menunjukkan kepada kebaikan. Jika sahabat muslimah tidak pandai dalam menfilter maka yang terjadi justru akan terjangkit penyakit yang sudah mewabah di sekitar kita yaitu hilangnya nilai-nilai keislaman dalam kehidupan.

Ituah tadi beberapa cara bagaimana cara menjaga kemuliaan seorang wanita. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *