Berpuasa Senin Kamis Banyak Akan Manfaat

Berpuasa Senin Kamis Banyak Akan Manfaat

Berpuasa Senin Kamis merupakan ibadah sunnah yang disarankan untuk dilaksanakan. Dan memang tidak bisa dipungkiri, Islam mengajarkan begitu banyak kebaikan hingga hal yang paling sederhana pun hanya untuk kebaikan umat manusia. Ibadah bukan semata-mata ibadah, namun untuk tujuan baik umat Islam. Rasullulah sering melakukan ibadah ini karena mengandung banyak sekali manfaat. Berikut adalah manfaat berpuasa Senin Kamis yang bisa anda dapatkan bila melakukannya secara rutin:

berpuasa senin kamis

  1. Mengencangkan Kulit

Ketika kita puasa secara logika kita mengalami kekurangan pasokan nutrisi dan air. Sudah pasti tubuh tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan melakukan ibadah puasa ini, ingat, tubuh anda akan beristirahat. Istirahat dalam hal ini adalah tubuh beristirahat bermetabolisme dan membiarkan sel-sel bekerja dengan baik. Anda bisa membuktikan hal ini dengan melakukan puasa Senin Kamis. Tidak hanya itu, saat tubuh berhenti bermetabolisme, ia akan membiarkan sel-sel tubuh anda bekerja lebih efektif, terlebih sel-sel kulit dalam melakukan proses regenerasi.

  1. Membantu tubuh mengeluarkan racun

Pernahkah anda merasa ada hal aneh pada tubuh saat melakukan puasa? Yah, anda mengeluarkan air seni lebih banyak dari biasanya. Padahal saat itu anda sedang berpuasa.Berpuasa membuat tubuh mengeluarkan racun dengan mudah melalui alat sekresi. Seperti yang kita tahu, racun di dalam tubuh tercampur di dalam lemak dan lain sebagainya. Para ilmuan juga mempercayai bahwa untuk mengeluarkan racun ini kita harus berhenti makan dan minum setidaknya satu hari. Puasa Senin Kamis memang dirasa sangat ampuh untuk menerapkan metode ini.

  1. Membiarkan tubuh beristirahat

Saat kita makan dan minum secara terus-menerus, kita membiarkan organ tubuh bekerja ekstra keras. Kita bisa menganalogkannya dengan motor yang bila terus menerus digunakan akan mengalami kerusakan. Melakukan puasa Senin Kamis membuat tubuh anda bekerja secara optimal dan membantu tubuh menghilangkan racun. Sehingga, setelah proses detoksifikasi ini selesai, kinerja organ menjadi lebih maksimal.

  1. Menurunkan Lemak

Siapa yang tidak ingin memiliki badan yang ideal dan sehat? Jawabannya adalah dengan berpuasa. Melakukan puasa membantu tubuh membakar lemak secara efektif. Bila anda mendengar istilah intermittent fasting, anda mungkin sedikit merasa aneh bahwa melakukan puasa justru membantu tubuh mengontrol lemak dengan baik. Teknik yang digunakan dalam intermittent fasting mirip sekali dengan yang diterapkan pada Islam. Kita tidak perlu menghitung jumlah kalori yang justru membuat para penggiat diet stres, namun kita hanya perlu melakukan puasa. Dalam diet tersebut dijelaskan bahwa saat melakukan puasa, tubuh akan membuang zat-zat yang tidak perlu seperti lemak di dalam tubuh. Dan ketika kita berbuka, tubuh akan menyerap nutrisi dengan sangat baik.

Baca juga : Bersabarlah Wahai Muslimah

  1. Mampu mengendalikan emosi

Emosi dan hawa nafsu adalah hal tersulit dalam kehidupan sehari-hari untuk ditahan. Melakukan ibadah puasa Senin Kamis akan memberikan anda manfaat dengan keterbiasaan anda mengendalikan emosi. Tidak hanya itu, puasa Senin Kamis akan menolong anda dari hal-hal yang dikuasai oleh hawa nafsu.

Sumber: muslimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *