Cara Mengatasi Stress Dalam Islam

Cara Mengatasi Stress Dalam Islam

mengatasi stress

Tiap-tiap manusia pasti pernah dan memiliki stress masing-masing. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan manusia menjadi stress, misal; memiliki hutang, kehilangan benda kesayangan, dikeluakan dari pekerjaan, ditinggal sanak saudara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanda dan gejala stress ditunjukan dengan reaksi mudah tersinggung, mudah marah pada siapapun, tindakan yang terlalu agresif dan juga defensive yang bisa mengundang resiko berbahaya, merasa selalu salah, susah untuk fokus dan berkonsentrasi, menjadi pelupa, jantung berdebar-debar.

Tidak jarang ada orang yang memilih untuk bunuh diri karena merasa tidak sanggup lagi menahan beban stress yang dihadapinya. Padahal, mati bukanlah solusi untuk masalah, melainkan hanya akan menambah masalah itu sendiri baik pada orang yang melakukan bunuh diri, maupun orang-orang yang ditinggalkan di dunia.

Dalam Islam, menghadapi segala macam bentuk masalah selalu ada jalan keluarnya karena kita percaya semua itu adalah ujian yang diberikan oleh Allah Swt. Sebagaimana firman Allah di dalam Al Quran yang artinya;

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya….” (QS Al Baqarah : 286)

Islam adalah solusi dari segala permasalahan, termasuk dalam menghadapi stress hidup. Tidak benar jika seseorang bersikap lemah akan ujian hidup yang dijalani, sementara Allah Swt. sendiri menganjurkan pada manusia untuk tidak menjadi lemah; sebagaimana firman Allah di dalam Al Quran yang artinya;

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman.” (QS Ali ‘Imran : 139).

Masalah ada bukan untuk diratapi, ditangisi atau bahkan disesali. Setiap masalah ada untuk dihadapi dan memberikan hikmah kepada setiap orang. Karenanya kita harus pandai dalam mengelola dan mengatasi stress yang mendera dan berusaha untuk melaluinya dengan teguh.

Dalam Al Quran memfokuskan kepada dua hal utama dalam menghadapi stress dimana Al Quran sebagai Syifa’ (Penawar) :

SABAR :

Jika stress menghadapi masalah yang sukar diputuskan “ salah atau benarnya sesuatu“ maka Al Quran memberi petunjuk “FA SHABRUN JAMIL” (Maka bersabar itu lebih indah).

“….Dan hanya kepada Allah tempat memohon pertolongan.” (QS Yusuf : 18)

Baca Juga : Agar Muslimah Selalu Bahagia

ZIKRULLAH :

Mengingat Allah (Zikrullah) termasuk dapat mengatasi stress. Dengan mengingat dan mengembalikan segalanya dari dan untuk Allah, maka stress akan dapat diatasi. Sesuai Al Quran, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS Al Raad : 28)

Sumber: dalamislam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *