Ikhtiar Muslimah Menjemput Jodoh Impian

Ikhtiar Muslimah Menjemput Jodoh Impian

Muslimah yang belum memiliki pasangan kadang bingung harus melakukan apa agar cepat mendapatkan calon suami. Apa benar menunggu saja adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan seorang imam rumah tangga? Adakah ikhtiar lain yang bisa dilakukan oleh seorang muslimah dalam menemukan jodoh impian, agar tak terlalu lama sendiri. Beberapa cara ikhtiar ini mungkin adalah jawaban dari kesendirian mu selama ini.

menjemput jodoh

  1. Perluas Jaringan Sosial

Salah satu cara ikhtiar dalam menjemput jodoh impian adalah dengan memperluas pergaulan. Ikutilah kegiatan-kegiatan positif yang bisa menambah kenalan. Seperti pengajian, komunitas-komunitas yang kamu suka dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu bisa satu langkah lebih dekat dengannya.

  1. Meminta kepada wali kita seperti Ibu, Ayah atau keluarga lainnya

Mengungkapkan niat kita yang ingin segera menikah kepada Ibu, Ayah atau keluagra lainnya. Karena memang pada dasarnya merekalah yang memiliki kewajiban untuk menikahkan kita. insyaAllah jika memang pilihan orang tua, maka ia adalah yang terbaik (terlepas dari kepentingan tertentu). Percaya saja bahwa Allah Maha Adil.

  1. Meminta bantuan pada perantara misalnya murabi, guru teman dan lain-lain

Hal yang sama pun bisa kita lakukan pada orang-orang yang mampu menjadi perantara kita dengan jodoh. Kita bisa menyampaikan niat menikah kepada murabi, guru atau teman. Namun, pastikan bahwa mereka tidak memiliki kepentingan tertentu yang menyebabkan pemilihan pasangan menjadi tidak objektif.

  1. Menawarkan diri langsung seperti Ibunda Khadijah

Anas ra.  mengatakan bahwa Khadijah lebih baik  dari putranya, saat sang putri mengatakan bahwa Khadijah tidak tahu malu karena menawaarkan diri pada Rasulullah. Diriwayatkan oleh Anas ra., ia berkata ”Telah datang seorang wanita kepada Rasulullah Saw. dan menawarkan diri kepadanya dan berkata ‘Wahai Rasulullah, apakah engkau berhajat kepadaku?’”Ketika menceritakan hadits diatas anak perempuan dari Anas  ra mengatakan ‘Sungguh sedikit malu perempuan itu dan buruk akhlaknya.’ Anas ra. menjawab “Sesungguhnya dia itu lebih mulia dan baik darimu karena dia mencintai Nabi Saw. dan menawarkan dirinya demi kebaikan’.” (HR Bukhari)

Baca juga : Wanita-Wanita Penghuni Surga

  1. Perbaiki diri terus-menerus, hingga lumut yang menenggelamkan cahaya mutiara hilang secara sempurna

Kadang Allah menahan jodoh, hingga kita dianggap siap dan sepadan dengan pangeran yang telah Allah persiapkan. Sebelum kita sepadan maka Allah akan terus mnguji kita. Jodoh adalah cerminan diri. Maka perbaikilah terus akhlakyang dimiliki maka suatu hari kebahagiaan akan diturunkan oleh Sang Khalik

Itulah tadi beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk menjemput jodoh impian kita. Semoga Allah memudahkan segala urusan dan kita dalam memperbaiki diri dan segera dipertemukan dengan jodoh kita. Amiiin

Sumber : dailymoslem.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *