Muslimah Menjaga Hati

Muslimah Menjaga Hati

menjaga hati

”sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal darah. Jika ia baik maka seluruh tubuh akan baik pula, dan jika ia rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah segumpal darah itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hati adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia, bahkan semua gerak pikir, gerak fisik dipengaruhi oleh hati.

Salah satu penyakit hati yang saat ini sedang ngetrend dikalangan wanita adalah Bawa Perasaan (Baper). Baper ini unik karena orang yang merasakannya tidak pernah menduga kapan akan merasa baper. Ia bisa datang kapan saja dan dimana saja dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Penyakit hati ini dengan mudah tersentuh perasaannya. Apakah itu karena pujian, rayuan, atau sindiran. Penyakit hati juga sering membuat anak mudah jatuh hati terhadap lawan jenisnya, entah itu karena memang perhatian yang diberikan si “dia” secara khusus atau karena ke geer-an. Menjaga hati memanglah pekerjaan yang tidak mudah namun juga tidak sulit.

Maka berikut ini adalah hal yang dapat membantu muslimah agar tak mudah jatuh hati, tak mudah merasa baper, tak mudah ke geer-an serta bisa membedakan mana hati yang mendekatinya atau malah dapat merusak hati. Tentu dalam konteks ini menjaga hati terhadap lawan jenis, sebab tak sedikit wanita yang menjadi korban jatuh hati karena tak begitu pandai dalam memegang hati. Supaya hati ini tidak ter

  • Isi dengan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Hati itu diibaratkan seperti wadah, jika tidak diisi dengan kebaikan maka keburukanlah yang mengisinya. Jika tidak diisi dengan kerinduan kepada Allah dan Rasul-Nya, kerinduan menyebut nama Allah, kerinduan membaca surat cinta Allah, maka hati itu akan diisi oleh kerinduan-kerinduan pada yang lain bahkan pada sesuatu yang belum halal baginya.

Maka kenalilah Allah dan RasulNya terlebih dahulu, maka ketika sudah mengenal ketaatan akan selalu mengiringi.

  • Selalu beristigfar

Taat kepada Allah pasti ada saja godaan yang datang, hati yang murni akan mudah dikotori dan itu adalah godaan dari syaitan. Maka ketika hati dikotori dengan hal yang dapat melanggar aturanNya maka perbanyaklah beristigfar.

  • Jaga interaksi dengan lawan jenis

Rasa itu muncul karena terbiasa, maka sebelum rasa yang muncul itu akan menyebabkan kekecewaan atau berdosa maka jagalah pergaulan dengan lawan jenis. Hindari yang tidak penting, jauhkan dari berbagai interaksi yang intens dengan lawan jenis baik itu langsung maupun melalui media sosial. Jika memang bukan hal yang penting, lebih baik tidak perlu untuk berkomunikasi.

  • Jangan mudah tergoda, jika tak ingin kecewa

Sebagai muslimah harus memiliki ketegasan terhadap sesuatu terutama terhadap laki-laki, tidak mudah untuk tergoda dengan bujuk serta rayuannya. Harus membedakan mana laki-laki yang serius dengan yang hanya sekedar modus.

  • Bergaul dengan muslimah yang shaleha

Jika ingin menjadi wanita yang taat dan terjaga diri dan hatinya, maka bertemanlah dengan mereka yang selalu menjaga diri hati dan selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaannya

  • Hindari musik dan tontonan yang membuat hati galau

Tak bisa dipungkiri, apa yang dilakukan pasti dipengaruhi oleh apa yang dilihat dan didengar. Jika apa yang dilihat adalah seperti drama korea yang banyak melow, dan mendengarkan musik tentang cinta. Maka akan mempengaruhi cara berpikir.

Lebih baik perbanyak membaca tilawah, mendengar kajian, ceramah dan hal yang bermanfaat lainnya.

  • Ajak Menikah

Dari pada hati tersebut malah terjerumus ke dalam zina, sedangkan Al-Qur’an sudah menjelaskan bahwa jangan dekati zina, maka jika memang sudah mampu dan siap segeralah untuk menikah agar semuanya berkah dan terhinadr dari zinah.

Baca Juga : Bagaimana Hukum Menghias Kuku dalam Islam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *