Puasa Sunnah : Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Puasa Sunnah : Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Pada zaman Rasulullah ada seorang sahabat yang bertanya mengenai tentang puasa senin dan  kamis kepada Rasulullah Saw., ”Wahai Rasulullah, kenapa engkau selalu berpuasa pada hari senin dan kamis? sekita Rasul pun menjawab, ‘Ketahuilah saudaraku, hari senin dan kamis adalah hari dimana aku dilahirkan, hari aku diutus, dan hari itu wahyu diturunkan untukku.’”(HR Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

puasa senin dan kamis

Dengan belum merasa mendapatkan semua jawaban, sahabat itu bertanya lagi “Lalu bagaimana dengan hari kamis Ya Rasul?” Apa Istimewanya hari itu?” Seketika dengan santai dan tenang Rasul pun menjawab, “Taukah engkau saudaraku? Bahwa pada hari itu (kamis) semua amal ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.

“Tidaklah engkau merasa bahagia jika di saat amalmu sedang diperiksa, engkau sedang dalam keadaan beribadah kepada-Nya?’’

Selain karena Rasul di utus , hari lahirnya Nabi, ada beberapa keutamaan lainnya tentang puasa senin dan kamis, seperti yang di katakan oleh Ibnu Abbas, ”Rasulullah dilahirkan pada hari senin, pergi hijrah dari mekkah hingga madinah pada hari senin, datang di madinah pada hari senin, meninggal pada senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari senin.” (HR Imam Ahmad)

Dilihat dari segi kesehatan ternyata banyak manfaat dari puasa senin dan kamis, diantaranya adalah :

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tanpa penelitian dari para ilmuwan, kita pun dapat berpikir secara logika, jika puasa puasa senin kamis dapat meneluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun, kita harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, atau saat Anda buang air besar. Cara puasa senin kamis memang dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka Anda akan merasakan tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

Menurunkan Kadar Lemak

Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Namun, jika kita memiliki lemak dalam tubuh yang terlalu banyak tentu hanya akan membuat penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh kita harus dihilangkan. Ada tiga cara yang sangat efektif dan dapat kita lakukan segera, yaitu berolah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa senin kamis. Ketiga cara tersebut jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh kita. akibat positifnya, tubuh kita akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Mempercantik Kaum Wanita Secara Alami

Dengan berpuasa senin kamis, sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal itu yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh kita selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan segar. Misalnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit akan menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Bagi kita para wanita yang menginginkan terlihat selalu tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukanpuasa senin kamis.

Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ pencernaan dalam tubuh yang kita miliki diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak mungkin sebuah mesin dapat dihidupkan dan dijalankan terus menerus karena hanya akan merusak salah satu atau lebih onderdil atau sparepart bagian dari mesin tersebut. Oleh karena itu, mesin kendaraan bermotor juga membutuhkan istirahat agar tidak cepat rusak komponen di dalamnya. Selain itu, juga membutuhkan perawatan yang rutin.

Seperti juga organ pencernaan dalam tubuh kita yang membutuhkan istirahat untuk tidak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal itu berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin agar tidak cepat rusak untuk organ pencernaan kita. Satu-satunya cara efektif yang bisa kita lakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan adalah puasa senin kamis.

Lebih Banyak Beramal

Orang yang terbiasa puasa senin kamis akan lebih meningkatkan amalan ibadahnya dengan banyak beramal. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka akan memperoleh banyak pahala yang berlipat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa senin kamis.

Baca juga : Wahai Muslimah, Pakailah Hijabmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *