Sedekah Bisa Dengan Bukan Uang

Sedekah Bisa Dengan Bukan Uang

Dituliskan dalam hadist, Rasulullah bersabda bahwasanya anak keturunan Nabi Adam memiliki kewajiban untuk bersedekah setiap harinya, sejak mulai terbitnya matahari hingga munculnya bulan.

Zaman sekarang orang banyak beranggapan, kata sedekah itu di identikan harus selalu dengan sebuah materi, baik yang berbentuk benda, ataupun wujud uangnya yang nantinya akan diberikan kepada orang yang kurang mampu.

sedekah

Bersangkutan dengan hal yang diatas, ada Sahabat Nabi yang bertanya kepada Rasulullah saat beliau menjelaskan tentang sedekah yang mewajibkan orang Islam melakukan sedekah setiap hari, “Wahai Rasululloh jika kami diperintahkan untuk bersedekah setiap hari, lantas bagaimana dengan kami yang tidak memiliki apapun, dengan apa kami harus bersedakah ?”

Rasulullah Saw. bersabda, ”Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma’ruf dan nahyi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya adalah sedekah, dan kalian menunjukan jalan bagi yang tersesat juga sedekah.” (HR Tirmizi dan Abu Dzar)

Lalu dikuatkan lagi hadist dari Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi, “Bahwa senyum itu ibadah, tersenyumlah bertemu saudaramu adalah ibadah.

Orang sering beranggapan bersedekah harus pasti dengan materi, namun telah Rasulullah jelaskan dengan senyuman sudah termasuk kedalam sedekah. Sedekah yang sederhana namun bermakna. Senyuman dapat memberikan kebahagian tersendiri bagi yang melakukannya. Tersenyum kepada sesama memberikan energi positif bagi lawannya.

Namun, jangan sampai sembarang senyum, atau senyum – senyum sendiri. Maksud sembarang senyum ialah saat mata dan senyuman disatukan lalu diberikan kepada lawan jenis dengan maksud lain, hal itu dilarang dalam tatanan syariat Islam. Islam Memerintahkan, “Tundukanlah pandanganmu dari lawan jenis, karena akan sedikitnya memunculkan zina pada mata dan hati.”

Perintah senyum disini ialah dimana saat bertemu dengan sesama muslim saling menyapa dengan salam serta senyuman, jangan sampai memberikan muka yang masam, sehingga membuat orang yang bertemu dengan kita memberikan pandangan serta prasangka yang kurang baik.

Hindarilah muka masam terhadap sesama saudara muslim. Pada intinya jangan beranggapan sedekah itu harus dengan bentuk material, dengan perbuatan pun ialah merupakan sedekah asal di lakukan dengan keikhlasan hati.

Baca juga : Anjuran Menikah di Bulan Syawal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *