Shalat Tergesa-gesa? Ini dia Hukumnya

Shalat Tergesa-gesa? Ini dia Hukumnya

shalat tergesa-gesa

Wahai muslimah, sudah sepatutnya seorang muslim menjalankan shalat lima waktu, karena itu adalah kewajiban yang harus ditaati. Sebab shalat adalah perihal yang akan ditanyakan lebih dahulu ketika di hari akhir nanti. Melaksanakan shalat dengan didasari iman yang kuat dan menjadi penolong bagi setiap muslim untuk melaksanakan shalat lima waktu tepatpa waktunya.

Terkadang orang memilih shalatnya menjadi tergesa-gesa dan gesit untuk pekerjaan yang sudah menunggunya untuk dikerjakan. “Suatu hari, saat Rasulullah Saw. shalat, beliau mendengar suara gaduh di belakang. Seusai shalat Rasulullah Saw. bertanya kepada para sahabat, apa gerangan yang telah terjadi sehingga terdengar suara gaduh pada saat shalat? Para sahabat menjawab: kami tergesa-gesa mendatangi shalat. Rasulullah Saw. kemudian bersabda, ‘jika kalian mendatangi shalat hedaklah kalian (berjalan dengan) tenang. Ikutilah rakaat yang dapat kalian ikuti dan sempurnakanlah rakaat tang tertinggal.” (HR Bukhari Muslim)

Dalam hadits Rasulullah Saw. jika terdapat orang yang tergesa-gesa shalatnya maka ulangilah kembali, karena sesungguhnya ia belum shalat. Perlu disadari wahai muslimah, bahwa tujuan shalat adalah untuk berkomunikasi pada Allah Swt., wujud penghambaan kita. Lalu jika dilakukannya dengan tergesa-gesa, seolah menyatakan ada hal yang lebih penting dari Allah Swt., maka shalat harus cepat-cepat. Na’udzubillah min dzalik

Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban saja, namun shalat juga memiliki aturannya dan sesuai dengan aturan shalat. Shalat juga sebagai kebahagiaan bagi seorang hamba, jika kesedihan, kegalauan selalu muncul dalam kehidupan seorang hamba maka harus dilihat kembali pelaksanaan shalatnya, karena tolak ukurnya adalah shalat.

Allah Swt. menjamin, siapa saja yang shalatnya khusyu maka dia akan bahagia. Bahkan Allah Swt. menjanjikannya dalam Al Quran surat Al-muminun ayat 1-11 bahwa pasti bahagia orang yang beriman, dimana ketika ia shalat dia bisa khusyuk.

Maka muslimah, laksanakanlah shalat dengan sebaik-baiknya. Tenanglah dalam melaksanakan. Yakinlah ketika pekerjaan itu harus disegerakan, maka ada Allah Swt. yang akan selalu membantu menyelesaikannya.

Baca Juga : Kesabaran Ummu Sulaim dan Abu Thalhah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *