Tips Berenang Bagi Muslimah

Tips Berenang Bagi Muslimah

Masa kini muslimah aktif dalam berbagai kegiatan. Kegiatan yang dilakukan pun beragam, mulai yang formal maupun informal. Olahraga atau rekreasi perlu dilakukan dalam bentuk merelaksasikan diri dari berbagai aktivitas rutin yang membosankan. Olahraga yang digemari dan termasuk salah satu sunnah adalah berenang. Tak terkecuali muslimah pun menyukai berenang hanya saja ada beberapa adab yang perlu diperhatikan. Seperti yang kita tau saat ini belum banyak kolam renang yang memerhatikan syariat Islam dalam pengelolaannya. Berikut beberapa tips berenang bagi muslimah di kolam renang umum agar terhindar dari perbuatan dosa:

tips berenang

  1. Meminta Izin Dahulu Kepada Wali atau Suami

Seorang wanita merupakan tanggung jawab wali ataupun suami. Bagi yang belum menikah tanggung jawab berada pada seorang ayah atau kakak sedangkan bagi yang sudah menikah tanggung jawab berada pada suami. Alangkah baiknya seorang muslimah meminta izin terlebih dahulu dalam melakukan aktivitas diluar rumah pada wali atau suami.

  1. Berenang Di Kolam Renang yang Aman

Bagi seorang muslimah penutup aurat dan menjaga kehormatannya adalah hal yang penting.  Rasulullah Saw. pernah melarang wanita untuk mandi di tempat pemandian umum. Beliau bersabda yang artinya, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia memasukkan istrinya ke dalam hammaam (tempat pemandian umum).” (HR At Tirmidi)

Selanjutnya beliau bersabda yang artinya, “Wanita mana yang melepaskan pakaiannya di selain rumah suaminya, maka dia telah merusak hubungan antara dirinya dengan Allah Swt.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Bagaimana dengan kita yang akan berenang? Bila terpaksa harus pergi ke kolam renang umum karena tidak memiliki kolam renang pribadi maka pastikan bahwa kolam renang yang dituju tidak ada campur baur antara laki-laki dan perempuan serta tertutup dari pandangan laki-laki dan orang di luar area kolam renang.

Baca juga : Berqurban Secara Online, Bolehkah?

  1. Menutup Aurat dan Berpakaian Tidak Ketat

Walaupun pergi berenang dengan sesama wanita tetap ada batasan aurat yang boleh ditampakkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Janganlah seorang laki-laki melihat kepada aurat laki-laki lain dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lain.” (HR Muslim)

  1. Memakai pakaian renang yang layak dan pantas

Walaupun berenang di tempat yang tertutup tetap saja seorang muslimah harus menutup auratnya dengan baik. Saat ini sudah banyak pakaian renang yang didesain khusus untuk muslimah seperti baju renang syar’i dan janganlah menggunakan pakaian yang menyerupai suatu kaum seperti memakai bikini dan pakaian sejenis yang mengumbar aurat.

Sumber: muslimah.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *