Tips Mengurangi Nyeri Haid Bagi Muslimah

Tips Mengurangi Nyeri Haid Bagi Muslimah

Tips mengurangi nyeri haid

Perubahan mood secara drastis kerap dialami kaum hawa terutama ketika masa-masa menstruasi. Perubahan mood ini tak serta merta dikarenakan emosi muslimah yang labil atau gampang berubah-ubah namun hal ini merupakan serangkaian dari Premanstrual Syndrome atau PMS.  Penyebab PMS ini karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon. Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh.

Nah, sobat muslimah kini tak perlu khawatir karena sakit saat menstruasi tak selamanya menyiksa kok, berikut tips untuk mengurangi rasa nyeri ketika period itu datang:

  1. Perbanyak mengkonsumsi makanan sehat

Asupan nutrisi yang lengkap tentunya akan membantu muslimah semua dalam mengurangi rasa nyeri berlebih. Kandungan pada makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu dalam proses pelepasan darah kotor.

  1. Kompres perut

Muslimah juga bisa melakukan kompres pada perut, dalam hal ini bisa menggunakan air hangat atau air dingin sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu diingat, kompres dingin tidak boleh lebih dari 30 menit karena dapat menyebabkan nekrosis (kematian sel).

  1. Berbaring

Berbaring dapat merilekskan otot-otot perut. Gunakan bantal untuk menyangga lutut dan ambil nafas panjang perlahan buang. Lakuakan hingga sobat muslimah merasa nyaman.

  1. Pemijatan ringan

Pemijatan ringan dapat dilakukan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang . Lakukakan juga pemijatan secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit . Anda juga bisa menyempurnakan pijatan ringan di sebelah otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.

  1. Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga atau olahraga ringan lainnya yang bisa  membuat rileks serta meningkatkan sirkulasi darah

  1. Konsultasi Dokter

Apabila sobat muslimah masih merasa nyeri haid berlebih alangkah lebih baiknya segera konslutasikan ke dokter.  Nyeri yang tidak hilang  dapat diindikasikan sebagai awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi sehingga dibutuhkan pemeriksaan dokter ahli  untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga tips mengurangi nyeri haid ini dapat bermanfaat

Baca juga : Aku Wanita Akhir Zaman Yang Sedang Memantaskan Diri

Sumber : bidanku dan klikdokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *